Fungsi Mesin Chopper Bagi Peternak dan Petani

Mesin chopper sering juga disebut mesin pencacah. Mesin ini sering digunakan untuk mencacah rerumputan yang berukuran besar dan ranting – ranting untuk kebutuhan peternak. Selain mencacah mesin ini juga dapat digunakan untuk proses penepungan. Sehingga selain peternak, petani juga memerlukan mesin ini. Fungsi utama mesin chopper multifungsi ini adalah untuk mempercepat pencacahan bahan baku yang akan dijadikan pakan ternak maupun kompos dan menambah kapasitas produksi. Dengan adanya mesin ini proses kegiatan usaha dapat dilakukan lebih cepat dan efisien tenaga. Dan masih banyak fungsi mesin chopper bagi peternak dan petani.

Fungsi mesin chopper bagi peternak dan petani diantaranya :
1. Mencacah rerumputan
Dengan hadirnya mesin chopper atau cacah rumput sangat memudahkan peternak saat mencacah rerumputan besar seperti rumput gajah menjadi berukuran kecil. Dengan pakan ternak berukuran kecil akan memudahkan hewan ternak mengolah makanannya. Sedangkan untuk petani, rerumputan atau sampah organik sisa limbah pertanian dapat dicacah kemudian difermentasi untuk dijadikan pupuk tanaman.
2. Menepung biji – bijian
Mesin cacah rumput multifugsi yang kami produksi selain dilengkapi dengan pisau pencacah, mesin ini juga dilengkapi hammer mill yang digunakan untuk proses penepungan. Banyak bahan yang dapat ditepung dengan mesin ini seperti bonggolan jagung, sekam, biji jagung dan biji – bijian lainnya. Untuk mendapatkan hasil gilingan yang halus dapat dilakukan dengan mengganti screen atau saringan yang ada di dalam mesin dengan saringan yang halus.

Chat Via WhatsApp

Mesin ini sangat membantu para pelaku usaha kecil menegah maupun usaha sekala besar. Berikut ini manfaat menggunakan mesin chopper multiguna :
1. Efisiensi waktu dan tenaga
Memang proses pencacahan rumput dapat dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Namun tentu konsistensi kecepatan dan tenaga akan lebih cepat bila menggunakan mesin. Dengan menggunakan mesin ini proses pencacahan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
2. Efisiensi biaya
Dengan melakukan efisiensi dalam waktu dan tenaga tentu cost dalam usaha akan berkurang, sehingga akan menghemat biaya.