membuat pakan kambing dan sapi dari jerami

Membuat Pakan Kambing Dari Jerami

MEMBUAT PAKAN KAMBING DAN SAPI DARI JERAMI

Cara membuat pakan kambing dari jerami tidaklah begitu sulit. Salah satunya kita dapat melakukannya dengan metode fermentasi untuk membuat pakan ternak. Pemberian pakan ternak dengan metode fermentasi meruapakan salah satu solusi untuk memaksimalkan hasil ternak dari peternak tradisional. Pasalnya metode ini cukup mudah, namun menghasilkan ternak yang baik.

Chat Via WhatsApp

Pembuatan pakan ternak dengan jerami ini memiliki beberapa manfaat diantaranya waktu pemberian makan lebih efektif dan dapat memangkas biaya pakan. Karena para peternak tidak harus mencarikan makan ternak setiap hari. Dengan cara seperti ini tentu para peternak dapat memanfaatkan dengan maksimal biaya serta waktu untuk mengurus peternakan. Manfaat lainnya dengan menggunakan metode fermentas ini adalah dapat membuka dan memberikan wawasan baru tentang perkembangan ilmu peternakan. Sehingga para peternak tradisional pun dapat meningkatkan kualitas ternak sehingga tidak perlu melakukan impor daging kambing.

Berikut ini bahan – bahan yang dapat dipersiapkan dalam membuat pakan kambing dari jerami :
1. Siapkan 1000 kg atau sekitar 5 sampai 8 ikat jerami padi. Pastikan pilih jerami padi yang kering dan kemudian cacah hingga berukuran kecil. Tujuan pencacah jerami ini adalah untuk memudahkan terjadinya proses fermentasi dan ketika pakan fermentasi siap diberikan ke hewan ternak, akan mudah memakan atau mengunyahnya. Untuk memudahkan proses pencacahan, dapat menggunakan mesin pencacah jerami.

2. Siapkan 20 – 25 liter tetes atau molase. Bila tetes tersebut tidak ada, dapat diganti dengan gula aren yang dilarutkan. Penggunaan gula aren yang dilarutkan dapat memberi efek hampir sama, namun tentu biaya gula aren lebih tinggi bila dibandingkan dengan tetes tebu. Disisi lain penggunaan gula aren akan memberi dampak jangka panjang yang lebih aman.

3. Siapkan satu botol probiotik. Merk probiotik sangat beragam, makanya silahkan memilih merk yang menurut anda memiliki kualitas terbaik. Selanjutnya siapkan air 250 – 300 liter air untuk melarutkan probiotik dan tetes yang telah disiapkan.

4. Siapkan bekatul sebanyak 30 kg.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WhatsApp