fermentasi pakan ternak kambing dan sapi

Fermentasi Pakan Ternak Kambing dan Sapi

Dunia peternakan sekarang menjadi sorotan untuk semua kalangan, dimana memberikan perekonomian yang stabil. Bagi anda yang sudah bergelut tentang peternakan maka tidak asing untuk mencari rumput pakan hewan ternak kambing atau sapi. Sekarang teknologi semakin canggih serta alat untuk pencacah atau chopper sudah tersedia, hal ini digunakan untuk fermentasi pakan ternak kambing dan sapi supaya hewan lebih berbobot atau gemuk.

Mesin chopper multifungsi ini memang sangat membantu para peternak sapi dan kambing. Sedangkan untuk fermentasi pakan ternak kambing dan sapi bisa saja terbuat dari limbah pertanian ataupun limbah pasar yang diolah njadi pakan ternak supaya awet sampai berbulan-bulan. Ternyata tidak hanya membuat awet saja tapi juga memiliki kelebihan yang sangat luar biasa.

Kelebihan Fermentasi Pakan Ternak kambing dan Sapi

  • Pakan fermentasi yang digunakan untuk peternakan memang membantu untuk tingkatkan produksi susu kambing jenis etawa atau sapi perah.
  • Selain itu pakan ternak fermentasi juga bisa memperbaiki sistem pencernaan hewan ternak tersebut.
  • Meningkatkan berat badan kambing dan sapi akan tumbuh secara alami.
  • Nafsu makan bertambah pada hewan ternak
  • Perlu anda ketahui bahwa kambing yang memakan pakan ternak fermentasi maka daging yang dihasilkan lebih berisi dan sangat rendah kolestrol.
  • Daya tahan tubuh semakin baik
  • Lebih luar biasa bahwa hewan yang memakan pakan hasil fermentasi maka kotorannya tidak bau seperti pada rumput yang belum difermentasikan, kotoran yang keluar juga lebih sedikit.

Apa Saja Limbah Pertanian dan Limbah Pasar yang Bisa di Fermentasi?

Fermentasi Jerami Padi

Sering kali jerami padi yang tidak digunakan akan dibuang atau dibakar karena belum diketahui pengelolaan digunakan pakan ternak. Namun, saat ini sudah banyak petani yang sudah tidak membutuhkan jerami maka dialihkan ke peternak hewan sapi dan kambing untuk difermentasikan, karena jerami padi memiliki banyak nutrisi dan baik untuk tubuh hewan.

Dalam pengelolaan jerami padi yang akan difermentasikan maka dicampur dengan Suplemen Organik Cair atau biasa disebut SOC. Selain itu juga bisa obat fermentasi laiunnya yang bisa digunakan untuk berbulan-bulan.

Fermentasi Kulit Singkong

Fermentasi pakan ternak kambing dan sapi juga bisa memanfaatkan kulit singkong. Ternyata kambing tidak hanya suka dengan rumput saja tapi juga bisa memakan kulit singkong. Diketahui bahwa fermentasi kulit singkong ini prosesnya sama dengan fermentasi jerami padi yang dicampung dengan suplemen organik.

Nampaknya masih banyak lagi untuk limbah pertanian atau limbah pasar yang bisa digunakan sebagai fermentasi pakan ternak. Ternyata pohon pisang atau gedebog juga bisa digunakan untuk pakan ternak dengan melalui proses fermentasi yang benar.

Demikian ulasan tentang fermentasi pakan ternak sapi, semoga bermanfaat untuk anda semua yang memiliki peternakan kambing atau sapi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286

× 0812-1773-9286