Dust Collector

DUST COLLECTOR SYSTEM

Perkembangan dunia industri di era global ini sangatlah pesat. Tak luput dari itu semua, proses berkembangnya industri juga memberikan dampak tersendiri bagi lingkungan hidup. Dari permasalahan tersebut dust collector hadir sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara saat proses industri berlangsung. Dust collector sering digunakan pada industri – industri yang menghasilkan asap maupun polusi udara lainnya. Misalnya pada industri pengecoran, pengayaan tepung dan pengolahan kayu. Tentu saat proses produksi berlangsung akan banyak polusi udara di sekitar area produksi. Selain menjaga lingkungan industri dari polusi yang berlebihan, lebih dari itu adalah menjaga kesehatan dan keselamatan operator saat bekerja.

Debu merupakan suatu yang sering dijumpai di mana – mana. Akan tetapi jika debu yang berlebihan tentu akan sangat mengganggu aktifitas, berlebih lagi jika debu yang ada di ruang kerja atau area industri. Hal ini menjadi masalah tersendiri bagi pekerja saat melakukan proses produksi. Dengan hadirnya dust collecor tentu akan mengatasi permasalahan polusi udara di area industri, karena polusi yang dihasilkan proses industri akan di sedot dan di filterisasi untuk memisahkan debu dan udara. Sehingga udara menjadi bersih kembali.

Walaupun demikian tidak semua jenis debu akan dibuang. Sebagian debu masih dapat di daur ulang menjadi produk lagi dan ada pula yang digunakan sebagai bahan bakar boiler. Jenis debu yang dapat di daur ulang untuk diproses kembali misalnya tepung, semen dan serbuk kayu. Adapun debu yang digunakan sebagai bahan bakar boiler misalnya batubara dan serbuk kayu. Pada industri kayu umumnya terdapat bolier sebagai sumber panas untuk mengeringkan kayu di dalam kiln dry. Serbuk kayu dapat dijadikan alternatif bahan bakar boiler. Selain itu serbuk kayu juga sangat efektif untuk menaikkan temperatur boiler.

Dalam rangkaian dust collector terdapat tiga komponen penting.
1- Ducting / pipa saluran sebagai media transfer polusi dari area produksi.
2- Blower sebagai komponen yang menghisap polusi.
3- Filter sebagai pemisah antara debu dengan udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286
× Chat WhatsApp