Jenis Dust Collector

JENIS DUST COLLECTOR

Fungsi utama dust collector di dalam proses industri adalah untuk mengurangi dan menghilangkan polusi udara yang terjadi saat proses industri berlangsung. Tentu banyak sekali aktifitas industri yang dapat memicu terjadinya polusi, misalnya saat pemotongan dan pemindahan material. Kita ambil contoh industri pengolahan semen dan industri pengolahan kayu. Saat bahan baku semen diaduk dan dipindahkan ke mesin tentu terjadi polusi udara dari material semen. Sedangkan pada industri kayu di saat pemotongan kayu juga terjadi polusi udara dari bahan material kayu. Dari ke dua contoh tersebut makan jenis dust collector dapat dibedakan sesuai dengan material debu, berat jenis dan karakter dari debu yang akan di bersihkan.

Secara dasar komponen utama dust collector adalah adanya separator yang dapat memisahkan debu dan udara bersih pada polusi udara. Sedangkan berdasarkan jenis dust collector dapat dibedakan menjadi dua tipe :
1- Dust collector kering
2- Dust collector basah

Dust collector kering merupakan salah satu dari jenis dust collector yang dalam proses pemisahan polutan dan udara bersih dilakukan tanpa menggunakan fluida cair seperti air. Proses seperti ini berlangsung dengan cara pemisahan partikel menggunakan gerakan statistik polutan serta perbedaan berat jenis polutan. Seperti pada komponen cyclone separator, polusi yang masuk ke cyclone separator akan di putar sehingga terjadi turbulensi sehingga polutan yang memiliki berat jenis lebih tinggi dibandingkan udara akan terlempat kebawah. Selain dengan cara tersebut pemisahan polusi pada jenis dust collector kering dapat dilakukan dengan menggunakan media filter. Penggunaan filter akan lebih efektif karena polusi akan tersaring bersih dan udara yang keluar tidak mencemari lingkungan. Jenis dust collector kering sering digunakan pada pengeolahan tembakau, industri pengecoran, kampas dan kayu.

Sedangkan jenis dust collector basah tentu berbeda media pemisah polutan dengan udara. Pada jenis ini menggunakan media fluida cair seperti air untuk membantu memisah polutan dan udara. Jenis ini juga sering digunakan untuk mengurangi asap pada cerobong asap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286
× Chat WhatsApp