Tipe dan Jenis Blower

TIPE DAN JENIS BLOWER

Blower merupakan salah satu komponen atau alat yang berfungsi menghasilkan aliran fluida gas seperti udara. Penggunaan blower sangat luas, mulai untuk sistem pendingin, sirkulasi ventilasi, penyedot debu, sistem pengering dan masih banyak lagi kegunaannya. Pada posting kali ini akan kami jelaskan tipe dan jenis blower yang sering digunakan pada industri. Berdasarkan mekanisme kerjanya, tipe dan jenis blower dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu centrifugal dan axial.

Centrifugal
Sesuai dengan namanya blower jenis ini menggunakan gaya centrifugal untuk membuat aliran fluida gas. Udara yang dialirkan masuk melalui lubang inlet yang berada di titik pusat putaran. Kemudian udara akan terdorong menjauhi poros akibat gaya centrifugal dari putaran sudu impeller. Udara yang terdorong gaya sentrifugal akan keluar melalui outlet blower dengan tekanan yang lebih tinggi.

Banyak tipe dan jenis blower yang harus diketahui sebelum menggunakannya. Karena setiap tipe blower centrifugal memiliki karakteristik yang berbeda. Tipe blower centrifugal dibedakan berdasarkan bentuk sudu impeller. Berikut ini tiga tipe blower centrifugal :

  1. Backward Curved Blades. Tipe sudu ini berbentuk melengkung dengan gaya putar yang searah dengan lengkung sudu. Sehingga bagian punggung sudu yang akan berbenturan dengan fluida. Tipe ini juga sangat ideal digunakan untuk pressure dan putaran tinggi. Blower yang menggunakan tipe backward curved blasder sering dipakai untuk menghisap fluida gas seperti asap dan udara.
  2. Straight Blades. Pada tipe ini sudu impeller berbentuk lurus. Blower yang menggunakan tipe ini memiliki perawatan yang lebih mudah. Tipe straight blades sering dipakai untuk transfer material yang memiliki berat jenis lebih tinggi dari udara seperti serbuk dan powder.
  3. Forward Curved Blades. Merupakan kebalikan dari tipe backward curved blades yang putarannya berlawanan dengan arah kemiringan sudu. Tipe ini cocok digunakan untuk fluida gas yang bersifat abrasif. Salain itu tipe ini dapat menghasilkan kapasitas yang besar.

Axial
Menghasilkan aliran sesuai dengan arah poros. Mekanisme axial fan lebih sederhana jika dibandingkan dengan centrifugal. Penggunaan axial fan sering digunakan untuk pendingin CPU, sirkulasi ruangan dan masih banyak lagi kegunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286
× Chat WhatsApp