Cara Mengolah Fermentasi Pakan Ternak

Cara Mengolah Fermentasi Pakan Ternak

Mengelola peternakan maka pintar-pintar dalam memberikan pakan hewan ternak, supaya hewan tetap sehat, berbobot dan pastinya pakan ternak tetap memiliki nutrisi untuk jangka panjang. Hal ini bisa menggunakan cara mengolah fermentasi pakan ternak.

Meskipun demikian ternyata ada informasi bahwa hewan ternak jangan diberikan pakan fermentasi secara terus menerus. Karena ada dampak negative yang diderita oleh hewan ternak, pakan fermentasi boleh diberikan kemungkinan kurangnya pasokan pakan segar semisal rumput segar dan makanan hijauan lainnya. Apa dampak dari fermentasi pakan ternak?

Dampak Negatif Fermentasi Pakan Ternak

Ternyata fermrntasi pakan ternak juga bisa menimbulkan dampak yang negative untuk pemberian secara terus menerus atau setiap hari. Pemberian pakan fermrntasi yang belum matang secara sempurna juga akan menimbulkan penyakit untuk hewan ternak tersebut, jadi pastikan anda mengerti berapa minggu sejak fermentasi bahan makanan tersebut dan kapan boleh diberikan ke hewan ternak tersebut.

Tidak hanya itu saja, kalau anda memberikan olahan makanan fermrntasi setiap hari maka bisa saja hewan ternak mengalami defisiensi nutrisi, hewan Nampak semakin kurus, pertumbuhan lambat, hewan seriang terkena penyakit.

Kalau anda ingin menggunakan makanan fermentasi maka bisa melakukan percobaan terlebih dulu untuk hewan satu dengan yang lain. Caranya misal hewan A anda berikan makanan fermentasi setiap hari dan hewan B anda selingi makanannya fermentasi dan kadang makanan tanpa olah fermentasi. Kemungkinan hasil akan terlihat kurang lebih 1 bulan untuk bisa menilai dari hasil percobaan tersebut.

Namun cara mengolah fermentasi pakan ternak yang baik dan benar mungkin akan sedikit mengurangi dampak negative tersebut. Ternyata tidak hanya dampak negatif saja, ada juga dampak positif pada hewan yang memakan hasil fermentasi makanan tersebut. Penasaran dengan cara mengolah fermentasi pakan ternak? Simak dibawah ini.

Baca Juga : Fermentasi Pelepah Sawit Untuk Pakan Ternak Sapi Terbaik

Cara Mengolah Fermentasi Pakan Ternak yang Baik dan Benar

Pastikan sebelum melakukan pencampuran bahan dengan rumput maka siapkan lebih dulu larutan suplemen organi SOC yang dilarutkan dengan gula pasir atau air tebu dan air. Kemudian diamkan kurang lebih 15 menit, sembari menunggu larutan tercampur dengan sempurna masih membuat bahan lainnya.

Pertama, gunakan terpal yang sudah anda siapkan dan digunakan untuk permudah proses meratakan bahan-bahan yang akan difermrntasikan.

Kedua, cacah gedebog pisang atau jerami dengan mesin Chopper yang sudah anda siapkan.

Ketiga, jika bahan sudah tercacah dengan ukuran kecil maka campurkan bahan alami lainnya semisal dedak dan ampas tahu.

Keempat, setelah tercampur bisa tambahkan garam secara merata

Kelima, kemudian proses pencampuran ramuan yang sudah didiamkan selama 15 menit tadi dan campur serta aduk sapai merata.

Keenam, kalau semua sudah tercampur maka fermentasi suap siap digunakan.

Ketujuh, langkah berikutnya masukkan bahan dan campuran tadi ke tong dan tutup rapat jangan sampai ada udara masuk.

Kedelapan, jika sudah semuanya maka bisa tunggu 1 sampai 3 jam untuk bahan gedebog yang difermentasi. Kalau bahan jerami maka tunggu 1 hari lebih bisa bahkan 14 hari baru bisa dimakan oleh hewan ternak.

Demikian ulasan tentang cara mengolah fermentasi pakan ternak yang bisa anda buat refrensi untuk hewan ternak dirumah anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286

× 0812-1773-9286