Daur Ulang Limbah Serbuk Kayu

Daur Ulang Limbah Serbuk Kayu

Kayu merupakan bahan yang sering digunakan oleh pengrajin seperti senapan angin, aksesoris yang dari bahan kayu. Kali ini industri kayu sangat banyak peminatnya, tetapi juga banyak yang pertanyakan jumlah hutan dan pohon yang harus berkurang. Diketahui bahwa untuk produksi papan yang membutuhkan satu batang pohon. Dimana terdapat 50% dan maksimal 70% untuk sisanya sudah menjadi limbah kayu. Pada pembahasan kali ini akan mengulik daur ulang limbah serbuk kayu supaya tidak dibuang sia-sia.

Meskipun banyak yang tidak mengetahui bahwa limbah serbuk kayu ini bisa didaur ulang. Bila anda seorang pengrajin maka harus pintar-pintar manfaatkan bahan yang sekiranya masih bisa di daur ulang lagi. Untuk mengatasi hutan yang pohonnya sering di tebangi dan digunakan untuk kebutuhan lain, maka setelah ditebang harus ditanam kembali supaya tidak menimbulkan bencana.

Baca Juga : Mesin Penyedot Serbuk Kayu

Jenis dan Kerajinan Limbah Serbuk Kayu

Ketahuilah bahwa limbah kayu dari sebatang pohon lebih banyak dibandingkan kayu yang dihasilkan. Adapun jenis limbah kayu yang perlu anda ketahui yaitu serbuk kayu dan potongan kayu atau tatal. Ternyata daur ulang limbah serbuk kayu memang sangat bermanfaat dan bisa menjadi barang antic dan cantik.

Produksi untuk serbuk kayu yang sudah tidak ada gunanya lagi, namun kalau sudah ditangan para seniman yang sangat kreatif maka serbuk kayu bisa menjadi bahan karya yang memiliki nilai tinggi. Jika sisa kayu tersebut masih bisa diolah dengan mudah dan sudah banyak yang mengolahnya. Namun, bagaimana dengan serbuk kayu?

Para seniman akan berfikir untuk manfaatkan serbuk kayu dan juga sisa kayu yang bisa dijadikan daur ulang limbah serbuk kayu. Ternyata anda juga bisa memulai usaha industri dengan kreatifitas yang sudah anda miliki. Serbuk kayu menjadi bahan utama dan bahan lainnya yaitu resin (alami) atau resin dari bahan kimia (Urea Formaldehyde). Hasil akan lebih baik dengan menggunakan resin alamu dari getah dari tumbuhan.

Baca Juga : Silo Cyclone Dust Collector

Kerajinan Daur Ulang Limbah Serbuk Kayu

Diketahui bahwa resin ini juga dapat dimanfaatkan untuk kerajinan lainnya seperti kalung, cincin, dan anting atau yang lainnya. Oleh karena itu anda juga bisa mendapatkan pemasukan selain mengandalkan limbah kayu tersebut.

Sangat umum bahwa resin ini terkadang memiliki warna putih bening atau resin warna untuk hasil lebih maksimal. Ketahuilah bahwa perpaduan resin dan serbuk kayu maka akan membuat produk kayu Medium Density Fireboard yang nantinya digunakan untuk buat furniture rumahan.

Furniture tersebut semisal lemari, rak dan lain sebagainya. Tetapi untuk mesin press yang telah digunakan merupakan mesin press rumahan. Dalam hal ini maka bisa menerapkan papan yang lebih besar. Tidak hanya serbuk kayu saja tapi juga ada partikel kayu yang bisa anda daur ulang seperti membuat tempat bunga atau tanaman didalam rumah atau luar ruangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286

× 0812-1773-9286