Fermentasi Jerami Untuk Pakan Sapi

Fermentasi Jerami Untuk Pakan Sapi

Pakan ternak memang sangat dibutuhkan untuk para peternak hewan yang memang dikonsumsi untuk setiap hari. Terkadang rumput tidak tumbuh subur kalau waktu kemarau, lantas selain rumput apa yang bisa digunakan untuk pakan ternak. Hasil penelitian bahwa jerami padi juga bisa digunakan untuk pakan ternak. Namun, untuk nutrisi yang baik maka jerami padi harus ditambahi beberapa cairan supaya memiliki nilai gizi dan nutrisi yang lebih baik. Cara untuk mengolahnya yaitu fermentasi jerami untuk pakan sapi.

Diketahui bahwa jerami padi sendiri merupakan limbah pertanian yang cukup besar jumlahnya dan masih banyak yang tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, jerami padi bisa dijadikan pakan ternak supaya mengurangi limbah pertanian tersebut.

Pada kualitas jerami tersebut telah ditingkatkan lebih baik secara kimia dan biologi. Dimana peningkatan nutrisi melalui biologi yaitu bisa menggunakan sistem fermentasi. Fermentasi tersebut proses pemecahan senyawa organik yang sangat sederhana dan juga terdapat mikroorganisme yang bertujuanb hasilkan produk dengan nutrisi, tekstur yang lebih baik.

Baca Juga : Mesin Pencacah Pakan Ternak Mini Mudah Digunakan

Cara Membuat Fermentasi Jerami Untuk Pakan Sapi

Bahan – Bahan:

  • Air biasa tanpa klorinasi 177 liter
  • Molase atau tetes tebu yang memiliki sumber energi awal dalam membuat mikrobia di awal inkubasi 20Kg
  • Vitro 3 liter
  • Jerami padi kering dengan kadar air kurang lebih 10%, maka bisa bentuk jerami utuh sekitar 800 kg.
  • Jerami dalam keadaan basah maka kadar air 20%-25%, anda hanya menambah air cukup sedikit dan diperkirakan bahwa jerami tersebut nantinya akan mengandung air 25%-30%.

Cara Pengolahan

Pertama, pastikan anda mencari tempat dilantai tanah atau semen, dimana memiliki ketinggian kurang lebih 50cm. kemudian bisa anda taburi dengan kapur dan pastikan tidak terkena paparan sinar matahari atau kehujanan.

Kedua, jerami padi yang memiliki ketebalan 20cm ini dipadatkan dengan cara diinjak atau juga alat pemadar jerami padi tersebut.

Ketiga, siapkan larutan yaitu probiotik dimana sebagai bioactivator. Dengan campuran win_proib in Vibo ini terdapat molase 2%.

Keempat, kalau sudah semuanya maka siramkan kedalam jerami secara merata.

Kelima, lalu tumpuk dengan jerami lagi sekitar 20cm dan siramkan larutan tersebut.

Keenam, jika sudah semua maka bisa anda ulang lagi untuk melakukan fermentasi jerami untuk pakan sapi.

Ketujuh, setelah itu diamkan kurang lebih 7 hari dan periksa bau dari fermentasi tersebut. Bila aroma jerami padi seperti tape maka ada serat jerami yang cukup lunak. Tandanya jerami padi selesai maka pastikan pada jerami, jamur bawang putih dan proses pembuatan secara fermentasi tersebut.

Pastikan anda juga menggunakan metode fermentasi jerami untuk pakan sapi, supaya hewan ternak anda tetap terjaga pakan hewan ternaknya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286

× 0812-1773-9286