Inovasi Mesin Pencacah Rumput

Inovasi Mesin Pencacah Rumput – Mesin pencacah rumput yang kini terus memiliki inovasi dan akan memudahkan untuk para peternak melakukan pencacahan rumput untuk pakan ternak. Adapun tim mahasiswa departemen teknik elektro ITS telah ciptakan mesin pencacah rumput dengan tenaga matahari atau tenaga surya. Hal ini memiliki inspirasi dari obrolan dengan peternak sapi.

Mesin pencacah rumput dengan tenaga surya ini merupakan ide saat mengobrol dengan peternak sapi. Hal ini membantu peternak sapi atau domba menghemat listrik dan bahan bakar. Dari obrolan tersebut berhasil diaplikasikan saat mereka melaksanakan kuliah kerja nyata di karangploso, kabupaten Malang, Jawa Timur. Inovasi ini bisa diterima oleh para peternak, namun untuk kekuatan dalam mencacah kurang dibandingkan yang benar-benar menggunakan tenaga listrik atau bahan bakar minyak.

Baca Juga : Jual Mesin Chopper Multifungsi di Kota Tasikmalaya

Inovasi Mesin Pencacah Rumput

Meski untuk tenaga surya sudah mulai dikembangkan, tapi untuk peminat mesin pencacah dengan tenaga listrik juga masih banyak peminatnya. Para peternak sudah sangat bangga karena memiliki mesin poencacah rumput ini. Karena mereka juga butuh pekerjaan yang cepat untuk mencacah banyak rumput dan juga hasil cacahan akan memudahkan hewan untuk mencerna dalam perutnya.

Adanya cacahan rumput kecil-kecil maka sangat menguntungkan peternak karena tenaga manua bisa dikurangi dan juga mampu hasilkan beberapa kg/jam untuk menghasilkan cacahan tersebut. Jadi hewan ternak tidak sampai telat makan karena setiap saat sudah tersedia makanan yang cukup lezat dan juga mudah untuk dicerna.

Pengrajin mesin pencacah rumput tersebut juga sudah banyak dan salah satunya yaitu pandawadesign.com. Anda bisa menghubungi pengrajin langsung dan juga bisa sesuai permintaan anda dalam memiliki mesin pencacah rumput. Kapasitas juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Soal harga maka juga sesuai dengan spesifikasi yang diterapkan dalam mesin tersebut.

Mesin Chopper Tenaga Surya

Terutama untuk hewan sapi perah maka anda bisa berikan cacahan yang cukup halus, hal ini akan pengaruh ke susu yang dihasilkannya. Dalam penuhi kebutuhan listrik peternak bersama dengan tim telah memasang sistem on-grid photovoltaic untuk peternak yang berada di kabupaten Malang tersebut. On-grid ini memiliki tegangan yang dihasilkan panel surya yang dirubah menjadi tegangan AC. Selanjutnya disambungkan dengan jala-jala PLN.

Tidak hanya itu saja, tim ITS juga telah menambahkan sensor limiter pada sistemnya. Jadi bisa mencegah tegangan untuk masuk ke meteran PLN. Dalam proses selama kurang lebih tiga bulan, satu unit mesin pencacah rumput dan tiga panel surya parallel telah resmi diberikan kepada peternakan di Karangploso. Saat digunakan peternak telah mengakui bahwa rumput hasil cacahan lebih bagus dan lebih halus dibandingkan menggunakan mesin yang berada dipasaran.

Baca Juga : Gambar Detail Mesin Pencacah Rumput

Menggunakan panel surya tersebut maka para peternak tidak perlu khawatir akan tagihan listrik yang membludak. Ternyata panel surya juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya di peternakan tersebut. Semoga banyak para pengrajin yang memiliki keahlian seperti para mahasiswa dan dosen tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286

× 0812-1773-9286