Inovasi Teknologi Tepat Guna

Inovasi Teknologi Tepat Guna

Teknologi semakin berkembang dan memberikan inovasi yang tinggi serta sangat menguntungkan bagi banyak orang. Saat ini terdapat inovasi teknologi tepat guna yang terdengar masih asing untuk masyarakat umum. Perlu anda ketahui bahwa teknologi tepat guna adalah jenis teknologi yang memang banyak ragamnya dan disesuaikan dalam bidangnya.

Pada umumnya teknologi tepat guna ini terdapat sebuah pilihan teknologi serta aplikasi karakteristik terdesentralisasi, hemat energy, padat karya, memiliki skala kecil dan berkaitan dengan kondisi lokal. Perlu anda ketahui juga bahwa teknologi ini telah dirancang untuk masyarakat dalam budaya, sosial, politik dan juga ekonomi.

Berbagai Macam Inovasi Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna ini memang sudah lama dikembangkan oleh bberbagai pihak. Selain itu juga memiliki bidang yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Lantas apa saja teknologi tepat guna tersebut?

Bidang Pertanian

Dalam bidang pertanian memang banyak memanfaatkan sebuah teknologi tepat guna dimana mampu mempermudah pekerjaan dari para petani. Lantas apa saja teknologi yang sangat efektif untuk bidang pertanian ini.

Baca Juga : Bisnis Mengolah Sampah Jadi Pupuk Kompos

Mesin Perontok Padi

Sering kali banyak orang yang masih menggunakan ani-ani atau perontok padi manual dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika masih menggunakan metode lama terkadang cuaca tidak mendukung maka terburu-buru kalau cuaca mendung. Oleh karena itu sekarang sudah ada mesin perontok padi dengan kapasitas banyak dan mesin tersebut bisa langsung dibawa ke sawah jadi tidak perlu membawa padi kerumah terlebih dulu.

Mesin Pemipil Jagung

Pada musim panen jagung maka yang dibutuhkan alat untuk pemipil jagung dan tidak mungkin kita menggunakan tangan untuk memipil semua jagung dalam porsi banyak. Oleh karena itu terciptalah mesin pemipil jagung yang sangat bersih dan memberikan keuntungan untuk para petani karena pipilannya bersih dari janggel jagungnya.

Mesin Penebar Pupuk

Biasanya kalau proses tanam setelah itu dilakukan proses pemupukan, dahulu masih menggunakan alat yang seadanya dan sekarang sudah tersedia mesin penebar pupuk maka lebih mudah. Sawah yang luas mungkin akan terjangkau lebih rata dibandingkan menggunakan metoder yang lama.

Bidang usaha Kecil

Inovasi teknologi tepat guna ini tidak hanya di bidang pertanian saja tapi juga bidang usaha kecil yang sangat menguntungkan anda dalam membuka UKM atau usaha kecil menengah. Adapun beberapa mesin yang perlu anda ketahui diantaranya yaitu pengupasan ari kedelai, mesin pengupas dan pengiris bawang, alat tirisan minyak dan mesin penggiling daging.

Bidang Peternakan

Sudah tidak asing lagi untuk anda pelaku usaha di bidang peternakan ini dengan teknologi tepat guna maka bisa menggunakan beragam mesin untuk hasil ternak semakin berkembang. Mesin tersebut diantaranya yaitu mesin penetasan telur, mesin pemerah susu dan lain sebagainya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286
× Chat WhatsApp