Baghouse Filter

BAGHOUSE FILTER

Baghouse filter atau fabric filter adalah salah satu komponen dari dry dust collector yang digunakan sebagai media pemisah partikel serbuk dan udara. Proses pemisahan pada komponen ini menggunakan media filter sehingga lebih bersih. Komponen ini sering digunakan pada industri makanan, pengolahan tembakau, industri kayu, industri logam dan industri lainnya. Secara fungsi memang sama dengan cyclone separator, akan tetapi penggunaan baghouse filter lebih bersih dalam mengatasi serbuk halus. Aliran fluida akan dilewatkan media filter, sehingga proses penyaringan lebih maksimal.

Seiring fluida yang melewati media filter, tentu lama kelamaan filter akan kotor. Untuk mencegah terjadinya blocking maka di dalam bag house filter terdapat sistem pulse jet yang digunakan untuk membersihkan filter saat dust collector beroprasi.

Besar dan kecilnya ukuran baghouse filter dapat ditentukan sesuai kebutuhan industri. Ada tiga faktor penting yang harus diketahui sebelum menentukan ukuran baghouse filter.
1. Jenis debu atau material yang dihisap
2. Sifat debu / gas yang dihisap
3. Kapasitas fluida yang akan dilewatkan

Jenis debu yang dihasilkan tentu sesuai dengan proses industri yang berlangsung. Jenis debu sangat erat kaitannya dengan bahan filter yang akan digunakan pada baghouse filter. Pada partikel debu tertentu yang sangat lembut dan steril dibutuhkan bahan filter khusus agar proses filterisasi berlangsung tanpa terjadi kebocoran.

Lain halnya dengan jenis debu, setiap debu juga memiliki sifat yang berbeda. Pada debu hasil industri pengecoran tentu memiliki sifat abrasi dan temperatur yang tinggi, sehingga bahan filter yang digunakan juga harus tahan terhadap temperatur tinggi.

Kapasitas fluida yang dihisap menentukan luasan media filter yang akan digunakan. Besaran udara yang melewati kain filter dapat dihitung dengan perbandingan kapasitas fluida (m³/s) dan luasan media filter (m²/s) atau menggunakan rumus v = Q / A. Besaran ini sering disebut air to cloth ratio yang tergantung pada jenis debu dan konsentrasi debu terhadap udara.

Tiga faktor di atas sangatlah penting diketahui saat menentukan ukuran baghouse filter, karena jika ukuran baghouse filter tidak sesuai dengan faktor tersebut akan terjadi blocking dan dust collector tidak dapat bekerja dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WhatsApp