Cyclone Separator

CYCLONE SEPARATOR

Cyclone separator merupakan salah satu komponen utama yang ada dalam dust collector. Komponen ini sering dipakai untuk mengatasi polusi serbuk yang memiliki ukuran besar / kasar seperti pada industri kayu dan industri lainnya yang sejenis. Selain itu cyclone separator juga sering digunakan dalam rangkaian sistem boiler untuk memisahkan abu hasil pembakaran dan asap hasil pembakaran.

Prinsip kerja cyclone separator adalah memanfaatkan berat jenis material. Material serbuk dan udara yang bercampur akan dilewatkan cyclone dengan cara berputar. Dengan perbedaan berat jenis dan gaya turbulensi yang terjadi di dalam cyclone akan menyebabkan pemisahan material berdasarkan berat jenis. Serbuk yang memiliki berat jenis lebih tinggi akan jatuh dan ditampung di bawah cyclone. Sedangkan udara yang memiliki berat jenis lebih rendah akan naik dan keluar ke udara bebas.

Cyclone separator memiliki spesifikasi tertentu agar serbuk yang disaring lebih maksimal pemisahannya. Dengan kapasitas serbuk yang banyak tentu membutuhkan spesifikasi cyclone yang khusus agar serbuk yang ditampung tidak ikut keluar ke udara bebas. Jika spesifikasi cyclone tidak seimbang dengan kapasitas serbuk yang dihisap akan menyebabkan serbuk ikut keluar dengan udara dan mencemari lingkungan sekitar industri berlangsung.

Jika dilihat dari bentuknya, bagian bawah cyclone berbentuk kerucut dan di dalam cyclone terdapat pipa yang sejajar dengan dinding cyclone sebagai saluran keluar udara. Dengan hal demikianlah yang membuat gas dan fluida berputar menciptakan vortex. Partikel material yang lebih besar dan rapat akan cenderung didorong ke arah luar vortex. Gaya gravitasi menyebabkan partikel – partikel jatuh ke arah kerucut menuju tempat penampungan. Partikel material yang ukuran dan kerapatannya lebih kecil akan naik dan keluar dari cyclone melalui saluran pipa yang bertekanan rendah. Gaya sentrifugal timbul saat partikulat di dalam udara masuk pada kolektor silindris dan diputar dengan cepat mengarah ke bawah seperti pusaran air. Aliran udara mengalir secara melingkar dan partikulat yang lebih berat akan terlempar ke bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286
× Chat WhatsApp