Dry Dust Collector

DRY DUST COLLECTOR

Secara singkat pengertian dry dust collector adalah sistem dust collector tanpa menggunakan fluida cair seperti air. Namun jika di perinci lebih mendalam dry dust collector mempunyai beberapa varian jenis komponen utama yang memisahkan antara polutan dengan udara. Polusi yang telah melewati dust collector diharapkan dapat dilepas langsung ke udara bebas dan tidak mencemari lungkungan. Berikut ini ada beberapa jenis komponen pemisah dalam dust collector tipe kering yang sering dijumpai.

Adapun jenis komponen pemisah pada dry dust collector di antaranya :
1- Inertial sparators
2- Fabric filters

Memang fungsi dari ke dua jenis komponen dust collector tersebut sama. Akan tetapi setiap komponen memiliki karakteristik masing – masing dalam pemisahan polutan. Selain itu kapasitas dan jenis material polusi juga akan menentukan jenis komponen apa yang akan digunakan dalam proses pemisahan polutan dengan udara.

Kita ambil contoh pada industri makanan. Tentu jenis dust collector yang digunakan akan sangat berbeda dengan industri kayu maupun industri pengolahan logam. Pada dust collector industri makanan diperlukan dry dust collector yang berbahan stainless steel agar tidak terjadi korosi, sehingga dalam proses industri makanan tetap steril dan terjaga dari racun. Selain itu media filter yang digunakan juga akan berbeda dengan media filter pada industri tembakau, kayu maupun pengolahan logam.

Inertial separator sering digunakan pada industri yang menghasihkan polutan atau serbuk kasar seperti industri kayu yang menghasilkan potongan kayu kasar. jenis ini memiliki tiga mekanisme dalam memisahkan debu. Diantaranya settling chamber, baffle chamber dan centrifugal collector. Akan tetapi yang paling sering dijumpai dan digunakan pada industri adalah centrifugal collector. Mekanisme ini terwujud pada komponen cyclone separator.

Sedangkan untuk fabric filter sering digunakan pada industri makanan, tembakau dan pengolahan logam. Karena dengan media filter polutan yang berukuran kecil dan lembut akan tersaring bersih. Jenis ini cocok digunakan pada material yang berukuran kecil dan ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WhatsApp