Proses Pembuatan Ducting

PROSES PEMBUATAN DUCTING

Ducting adalah salah satu media yang berfungsi untuk menyalurkan material. Sama halnya dengan pipa, ducting memindah material fluida maupun gas dari satu tempat ke tempat yang lain. Material yang dilewatkan ducting umumnya berbentuk serbuk maupun gas. Dalam sistem dust collector, ducting digunakan untuk sebagai saluran fluida dari proses produksi melewati sistem yang ada pada dust collector. Bentuk ducting sendiri bervariasi, ada yang bulat seperti pipa air dan ada yang berbentuk kotak. Setiap tipe ducting memiliki fungsi dan karakter yang berbeda. Berikut ini ulasan kami tentang proses pembuatan ducting.

Pada proses pembuatan ducting ini umumnya dibuat dari material pelat besi atau carbon steel plate. Namun pada perusahaan tertentu ada yang menggunakan stainless plate. Material ducting dapat disesuaikan dengan material fluida yang akan dilewatkan dalam ducting. Jika material fluida mengandung zat kimia yang mudah menyebabkan korosi sebaiknya menggunakan material ducting dari stainless.

Memang saat dilihat proses pembuatan ducting terlihat sepele dan mudah. Namun jika tidak dikerjakan dengan teliti dan benar akan membuat hasil tidak maksimal. Tahapan yang harus dilakukan secara teliti dan presisi adalah saat marking awal, pengerolan dan penyambungan. Jika ketiga aspek tersebut tidak dilakukan dengan baik, makan hasil ducting akan bengkok dan oval.

Rumus dalam proses pembuatan ducting bulat menggunakan rumus sederhana dari keliling lingkaran. Rumus ini sudah diajarkan di pendidikan sekolah dasar, tinggal pengembangan dan pengaplikasian. Berikut penjelasannya.

Dengan menggunakan rumus keliling lingkaran ( πd ) akan didapat kebutuhan pelat yang digunakan. Contoh kasus akan dibuat ducting berdiameter 1m dengan panjang 1,2m. Jadi dapat diketahui :
π = 3.14
d = 1m
Maka,
Keliling lingkaran adalah = πd
= 3.14 x 1m
= 3.14m
Sehingga kebutuhan pelat yang harus disiapkan seluas 3,14m x 1,2m

Beda lagi jika ducting yang dibuat berbentuk tertentu seperti bentuk tertentu seperti elbow atau kerucut. Pada bentuk – bentuk tertentu diperlukan rumus tambahan untuk menentukan kebutuhan pelat. Pada posting selanjutnya akan kami bahas lebih terperinci cara proses pembuatan ducting dengan bentuk elbow dan kerucut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WhatsApp