Proses Penyulingan Daun

PROSES PENYULINGAN DAUN

Banyaknya kekayaan hayati di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai negara yang berkembang. Tanaman – tanaman banyak di budidayakan dan diolah daunnya menjadi produk – produk industri. Proses pengolahan daun sering dilakukan dengan cara destilasi. Proses destilasi sering juga disebut dengan proses penyulingan, yaitu proses pemisahan bahan kimia berdasarkan kecepatan atau kemudahan menguap suatu bahan. Banyak jenis daun yang dapat di proses seperti daun sereh, daun minyak kayu putih, cengkeh dan masih banyak bahan lainnya yang dapat disuling. Proses penyulingan daun dapat dilakukan dengan menggunakan tiga cara yaitu :
1. Penyulingan dengan sistem rebus
2. Penyulingan dengan air dan uap
3. Penyulingan dengan uap secara langsung

Proses penyulingan daun dengan sistem rebus adalah dengan cara memasukkan bahan baku daun kedalam tungku. Tungku ditutup rapat dan dipanaskan dengan api. Uap yang dihasilkan dari proses rebus merupakan campuran air dan minyak, yang nantinya akan di alirkan ke kondensor untuk tahap pendingainan. Uap yang didinginkan akan mencair dan di tampung dalam wadah khusus. Campuran cairan air dan minyak tersebut akan dipisahkan berdasarkan berat jenis material menggunakan separator dan hanya diambil minyaknya saja.

Proses penyulingan daun dengan air dan uap sering juga disebut sistem kukus. Penggunaan sistem kukus juga hampir sama dengan dengan sistem rebus, hanya saja air dan bahan baku di lakukan secara terpisah. Dengan menggunakan saringan yang berada di atas ketinggian air, sehingga tumpukan bahan baku yang berada di atas saringan tidak bercampur langsung dengan air. Penggunaan sistem ini sangat cocok digunakan dalam industri, karena hanya menggunakan sedikit air. Bahkan air kondensasi dari proses uap juga dapat putar dan digunakan lagi. Selain kelebihan sudah disebut di atas, sistem ini menghasilkan panas yang lebih stabil karena tekanan uap yang konstan.

Proses penyulingan daun denga uap langsung dilakukan dengan cara membuat uap bertekanan tinggi di dalam tungku. Uap yang keluar dari tungku akan di alirkan kondensor untuk proses pendingainan seperti sistem sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286
× Chat WhatsApp