Screw Conveyor

SCREW CONVEYOR

Screw conveyor merupakan salah satu mesin yang sering digunakan untuk proses pemindahan material. Mesin ini juga bagian dari sistem mesin yang membutuhkan perpindahan material, seperti pada mesin pada industri pengolahan semen, bibi -bijian, plastik, serbuk kayu, pupuk dan lain sebagainya. Dengan menggunakan mekanisme pelat berbentuk spiral yang berputar, material yang masuk kedalam tabung akan ikut berpindah searah dengan putaran spiral. Perpindahan yang terjadi pada mesin ini umumnya perpindahan dengan arah horizontal atau sedikit miring / menanjak.

Konstruksi mesin screw conveyor terdiri dari baja yang berbentuk spiral atau sering juga disebut helical fin. Helical fin terpasang pada poros dan berputar di dalam tabung atau dinding screw yang berbentuk U. Pemasangan helical fin terhadap dinding screw harus presisi agar tidak terjadi goresan yang dapat menyebabkan kerusakan pada dinding. Helical fin digerakkan oleh motor dengan rasio putaran yang di atur oleh gearbox. Kebutuhan putaran akan disesuaikan dengan kapasitas material yang akan dipindahkan.

Screw conveyor dibuat dengan ukuran panjang 8ft s/d 12ft yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Diameter yang digunakan juga bervariasi, berkisar antara diameter 3inc s/d 24inc. Material screw juga dapat disesuaikan dengan bahan produk yang akan dipindahkan. Semisal bahan produk tepung atau herbal jamu yang membutuhkan material food grade dapat menggunakan material stainless. Tetapi untuk material yang tidak diharuskan menggunakan food grade seperti semen, serbuk kayu, pupuk dan lainnya dapat menggunakan material pelat besi.

Penggunaan mesin screw conveyot sangat cocok digunakan dalam industri, karena hanya membutuhkan tempat yang sedikit dan tidak perlu menggunakan mekanisme khusus. Memang secara prinsip screw conveyor digunakan untuk memindah bahan secara horizontal, namun jika diinginkan dengan kemiringan tertentu akan berpengaruh pada kapasitas angkutnya. Bila kemiringan menggunakan sudut 10◦ akan mengalami penurunan kapasitas berkisar 15%. Bila kemiringan menggunakan sudut 15◦ akan mengalami penurunan kapasitas berkisar 10%.

Banyak produk mesin kami, silahkan check website resmi kami. Untuk pemesanan mesin dapat langsung datang ke tempat kami atau menghubungi CS kami di WA.0812-1773-9286.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286
× Chat WhatsApp