Tips Memilih Blower

TIPS MEMILIH BLOWER

Bagi yang berkecimpung di dunia industri tentu tidak asing lagi dengan mesin satu ini yaitu blower. Beberapa jenis blower sering dijumpai untuk sirkulasi, pengering, pendingin, penyedot debu dan masih banyak kegunaannya. Pada posting sebelumnya telah kita bahas tentang tipe dan jenis blower. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberi tips memilih blower agar sesuai dengan kebutuhan pemakaian dan blower dapat bekerja dengan efisien. Berikut ini empat tips memilih bolwer :

  1. Sesuaikan dengan tujuan pemakaian. Kegunaan blower dalam industri sangatlah banyak. Pastikan tips memilih blower dengan mengetahui tujuan pemakaiannya. Apakah blower akan digunakan untuk transport material serbuk kasar, serbuk halus, asap atau hanya sekedar transfer aliran udara saja. Jika blower digunakan untuk transport material serbuk kasar baik menggunakan blower tipe straight blades. Sedangkan untuk transfer material ringan seperti asap baik menggunakan blower tipe backward curve.
  2. Ketahui sifat material yang akan ditransfer. Sebelum memilih jenis blower yang akan digunakan, perlu diketahui sifat dari material yang akan transfer blower. Apakah material bersifat korosif atau abrasif. Adapun untuk material tertentu yang memiliki sifat korosif dan abrasif diperlukan blower yang dibuat dari bahan stainless steel. Sedangkan untuk material lainnya baik digunakan blower dari bahan carbon steel.
  3. Tentukan kapasitas blower yang dibutuhkan. Setiap blower memiliki spesifikasi tersendiri yang berkaitan dengan kapasitas. Besarnya kapasitas yang diperlukan harus diketahui terlebih dahulu agar blower bekerja dengan maksimal. Kapasitas dapat dihitung dari perkalian penampang pipa aliran (m²) dan kecepatan aliran udara (m/s).
  4. Tentukan static pressure yang diperlukan. Sama halnya dengan kapasitas, blower memiliki static pressure yang erat kaitannya dengan daya motor. Perhitungan static pressure beda dengan kapasitas, karena static pressure dihitung berdasarkan panjang pipa saluran terjauh yang digunakan.

Jika empat tips memilih blower tersebut sudah diketahui, carilah blower yang memiliki efisiensi paling tinggi. Hal ini dapat diketahui dari grafik blower yang diterbitkan oleh produsen blower.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WhatsApp