Pakan Ternak Bernutrisi Dengan Fermentasi

Pakan Ternak Bernutrisi Dengan Fermentasi

Usaha peternakan memang sangat menjanjikan, karena daging memang menjadi salah satu makanan andalan dengan harga yang tergolong tinggi atau mahal. Memiliki hewan ternak yang cukup banyak maka membutuhkan pakan hewan yang banyak juga. Lantas bagaimana kalau pakan terbatas dan bagaiaman untuk mengantisipasinya? Sekarang sudah banyak yang menggunakan pakan ternak bernutrisi dengan fermentasi, inilah salah satu untuk antisipasi kalau pakan hewan semakin menipis.

Melakukan usaha peternakan memang tidak semudah yang kita lihat, ketahui bahwa semua bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan serta semua memiliki resiko entah itu kecil atau besar. Kalau anda ingin menjadi peternak maka harus bisa menanggung beberapa resiko diantaranya kesehatan hewan, kematian, dan yang terpenting kesediaan pakan ternak.

Perlu anda ketahui apa saja bahan pakan ternak yang memiliki lima jenis yaitu pakan kasar, pakan penguat, mineral, vitamin dan pakan tambahan. Jadi bagi anda yang ingin melakukan bisnis hewan ternak maka harus mengetahui hal ini.

Beberapa Bahan Pakan Ternak Bernutrisi Dengan Fermentasi

Pakan kasar

Pakan kasar merupakan pakan yang memiliki volume besar namun berat dari setiap unit volume rendah. Makanan yang termasuk dalam pakan kasar yaitu dari hijauan. Contohnya rumput, daun leguminous dan sisa hasil panen semisal jerami padi.

Pakan Penguat

Konsentrat atau pakan penguat ini merupakan pakan ternak yang terdapat kandungan serat kasar rendah dibawah 19%. Selain itu memiliki nutrisi utama dari pakan penguat ini yaitu energy dan juga protein. Contoh sapi perah yang tidak mampu makan dari pakan kasar dengan energy yang sangat dibutuhkannya. Oleh karena itu untuk mecukupi tubuh hewan dengan energi maka dibutuhkan pakan penguat seperti.

Baca Juga : Mesin Peternakan dan Perikanan

  • Tepung daging dan tulang
  • Tepung cacing
  • Tepung daging
  • Tepung darah
  • Tepung bulu
  • Tepung ikan

Sedangkan untuk hasil pertanian atau dari tumbuhan maka bisa disediakan hasil panen seperti kacang hijau, kedelai, jagung dan masih banyak yang lainnya. Selain itu ada juga sisa industry seperti bungkil kelapa, bungkil kedelai, biji palm, bungkil wijen, ampas tahu dan masih banyak lagi.

Pakan Fermentasi

Pakan hewan yang sudah difermentasi maka akan menghasilkan proses amoniasi atau biasa disebut dengan peragian. Selain itu juga memiliki tujuan khusu dengan proses fermentasi dimana terdapat hasil maksimal untuk pengewaetan kandungan dari gizi yang baik.

Mineral

Disini minieral merupakan zat zat garam yang sudah dibutuhkan hewan ternak perah. Sedangkan zat anorganik semisal seperti kalsium, kalium, zat besij, magnesium dan natrium.

Vitamin

Peran dari vitamin pada pakan hewan ternak ini untuk optimalkan pertumbuhan serta jaga dengan alat bantu yang bisa anda pesan di pandawadesign.com. Diketahui bahwa terdapat dua kelompok vitamin yaitu vitamin B kompleks, B6, B12, Biotilk. Tidak cukup sampai situ bahwa ada vitamin yang juga larut dalam lemak seperti vitamin A,D, E dan K.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286
× Chat WhatsApp