sulap daun pelepah kelapa sawit jadi pakan ternak sapi

Sulap Daun Pelepah Kelapa Sawit Jadi Pakan Ternak Sapi

Kelapa sawit memang merupakan tanaman yang banyak orang tanam di berbagai daerah terutama di Kalimantan, Riau dan sekitarnya. Limbah dari kelapa sawit bertambahnya tahun semakin banyak dan dulu masih kurang pengetahuan tentang daur ulang limbah sawit tersebut. namun, sayang juga kalau terus-terusan dibuang sia-sia tidak dimanfaatkan lagi. Namun, akhir-akhir ini banyak orang yang mampu sulap daun pelepah kelapa sawit jadi pakan ternak sapi.

Limbah dari pelepah pohon sawit kadang masih bisa dijadikan sapu lidi ataupun pagar kebun yang cukup sederhana. Tetapi, saat ini telah ditemukan manfaat lain dari pelepah sawit tersebut yang ditemukan dari LIPI, dimana pelepah sawit itu tidak dibuang sia-sia bahkan jadi bahan baku untuk pakan ternak sapi yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi baik untuk tubuh hewan ternak.

Sempat terjadi pada masyarakat Riau yang memang mencoba pakan ternak sapi dengan memiliki modal limbah pelepah sawit yang banyak berserakan setelah panen. Karena setiap tahun pelepah dan daun sawit ini dikurangi supaya tumbuh baru lagi. Nampaknya dari sini orang Riau mampu sulap daun pelepah kelapa sawit jadi pakan ternak sapi, maka dari itu daun pelepah sawit tidak lagi terbuang sia-sia.

Ternyata sulap daun pelepah kelapa sawit jadi pakan ternak sapi ini tidak sulit. Ada beberapa pusat pelatihan di Riau sana yang sempat memberikan bimbingan untuk membuat pakan sapi yang sangat sederhana.

Baca Juga : Mesin Chopper Rumput Super Halus

Cara Daun Pelepah Kelapa Sawit Jadi Pakan Ternak Sapi

Modal awal memang diwajibkan membeli mesin chopper atau mesin pencacah rumput yang digunakan untuk menghaluskan daun pelepah sawit tersebut. Harga dari mesin chopper sendiri cukup variasi sesuai dengan spesifikasi yang diterapkan dalam produk tersebut. Anda bisa membeli mesin chopper di Pandawadesign.com.

Kemudian cara selanjutnya, satu persatu pelepah sawit tersebut masuk dalam mesin pencacahan yang mampu menghasilkan serabut-serabut halus dan setelah itu dikumpulkan dalam satu baskom.

Kemudian serbuk dari pelepah sawit tersebut diwadahkan di setiap baskom dan dicampur dengan satu gayung dedak padi, lalu segelas air gula merah dan garam secukupnya. Selain itu anda bisa tambahkan vitamin khusus untuk ternak sapi dan aduk sampai adonan rata dan padatkan dalam satu wadah besar. Lalu bisa anda diamkan sekitar 21 hari untuk proses fermentasi pada pelepah sawit tersebut.

Setelah proses fermentasi maka bisa anda kasihkan ke sapi dua kali sehari dan sesuai dengan kebutuhan pangan sapi tersebut. Untuk selebihnya sapi dikasih makan rumput segar secukupnya saja. Dalam proses ini maka bisa disimpan kurang lebih 1 tahun atau lebih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286
× Chat WhatsApp