Membuat Arsiran

CARA MEMBUAT ARSIRAN

Salam satu garis kawan. Saat kita mengerjakan gambar potongan tentu kita membutuhkan garis arsiran untuk membedakan material dari bahan tersebut. Selain itu arsiran juga sering kita gunakan untuk memberi tanda rumput, keramik, batu bata benda lain yang berada di gambar layout. Kali ini saya akan posting tips cara membuat arsiran di AutoCad dengan mudah dan cepat. Simak baik – baik ya dan jangan lupa kasih masukan di kolom komentar apa bila ada tips lain yang lebih mudah dan cepat.

1- Klik menu HATCH yang berada di deretan atas menu toolbar atau dapat juga dengan cara mengetik menu HATCH pada kolom menu command yang ada di bawah layar kerja. Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya bahwa selain menggunakan menu yang ada di toolbar kita juga dapat menggunakan menu command yang ada di bawah layar kerja.

2- Tentukan model atau tipe arsiran yang kita inginkan. Pilih tipe arsiran sesuai yang kita inginkan.

3- Tentukan juga warna arsiran untuk membedakan dengan warna benda kerja. Warna arsiran tidak ada ketentuan khusus, karena saat kita cetak dengan monochrome maka hasilnya akan sama berwarna hitam.

4- Masukkan ukuran skala untuk menyesuaikan kerapatan dari arsiran tersebut. Ukuran skala tidak terikat karena semakin besar gambar akan semakin besar juga skala yang diberikan. Sedangkan semakin kecil gambar maka skala juga akan semakin kecil.

5- Klik kiri lokasi di mana kita ingin memberikan arsiran. Pastikan lokasi yang kita pilih merupakan garis tertutup. Maksudnya tidak bercelah sehingga arsiran akan memenuhi lokasi yang dipilih.

Tentu sangat mudah bukan caranya? Tipe arsiran yang ada pada langkah ke dua dapat disesuaikan dengan tipe arsiran yang di inginkan. Banyak sekali tipe arsiran yang di sediakan AutoCad sehingga kita lebih leluasa memberikan arsiran pada gambar yang sedang kita kerjakan. Sekian tips cara membuat arsiran di AutoCad dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WhatsApp