Membuat Layer

MEMBUAT LAYER DI AUTOCAD

Layer merupakan komponen penting dalam proses menggambar di AutoCad. Dengan layer kita dapat membedakan mana itu garis benda kerja dan mana itu garis bantu. Layer ibarat pensil yang kita gunakan untuk menggambar di kertas. Karena tebal – tipisnya garis tergantung settingan layer yang kita pakai. Postingan saya berikut ini ada bagaimana cara membuat layer di AutoCad. Membuat layer tidaklah sulit, akan tetapi perlu beberapa tips dan trik untuk cepat penggunaannya. Pasalnya saya pernah mengalami saat setting layer di gambar yang cukup rumit tetapi saat di print tidak muncul garisnya. Alhasil saya cari dan sudah ketemu jawabannya. Oke mari kita kupas lebih dalam lagi.

Saat menggambar suatu benda dengan kompleks tentu banyak sekali garis – garis yang terbentuk. Kita ambil contoh kecil saat kita membuat gambar poros seperti yang pernah kita praktek kan di posting sebelumnya. Di dalam gambar poros ada garis benda kerja, garis tengah, garis putus – putus dan garis dimensi. Dari kesekian garis tersebut tentu memiliki karakter yang berbeda – beda pula. Garis benda kerja tentu lebih tebal dari garis dimensi. Di sini saya tidak membahas standard ketebalan garis dalam gambar teknik tetapi yang saya bahas adalah dara membuat layer dengan garis yang berbeda sesuai yang kita inginkan. Karena dengan membedakan garis tersebut kita lebih nyaman saat melakukan pengeditan dan ketika kita cetak ketebalan garis akan sesuai dengan yang kita harapkan.

Baik dari sini langsung saja kita praktek cara membuat layer di AutoCad :

1- Ketik menu LAYER di kolom command yang ada di bawah layar kerja kemudian tekan space / enter.

2- Pastikan klik layer 0 dahulu kemudian klik new layer. Catatan untuk tahap ini, ketika yang kita klik bukan layer 0 dahulu melainkan layer defpoints nantinya saat di cetak garis tidak akan muncul pada kertas.

3- Setelah klik new layer, ubah nama layer sesuai yang kita inginkan. Contoh di saya beri nama kerja kemudian atur warna dan ketebalan garis layer kerja.

4- Buat layer lagi untuk garis dimensi dengan cara klik new layer dan rubah nama layernya menjadi dimensi. Kemudian atur warna dan ketebalan garis layer dimensi.

Selamat mencoba kawan … ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WhatsApp