Memotong Garis

CARA MEMOTONG GARIS MENGGUNAKAN MENU TRIM

Kita tau bahwa garis adalah komponen utama dalam gambar. Akan tetapi tidak semua garis akan kita butuhkan dalam gambar. Yang jelas garis akan menunjukkan benda kerja kita saat mulai dikerjakan. Di saat kita ingin merubah maupun memotong garis kita dapat menggunakan menu trim. Cara penggunaan menu ini sama mudahnya dengan menu lainnya. Hanya saja ada beberapa point yang harus diperhatikan saat menggunakan menu ini, agar proses pengerjaan gambar dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Mari kita praktek kan bersama.

Sebelum mulai pastikan dulu sudah ada garis yang akan dipotong ya. Kalau belum silahkan dibuat garisnya. Untuk membuat garis sudah saya posting di tutorial sebelumnya cara membuat garis . Untuk membuat garis sobat CAD dapat menggunakan menu line atau polyline seperti yang sudah kita bahas pada posting – posting sebelumnya. Mari kita lanjut membahas cara memotong garis dengan mudah :

1- Klik menu TRIM pada deretan menu toolbar atau dapat juga dengan mengetik TRIM di kolom menu command.

2- Klik kiri pada garis pemotong yang akan kita gunakan untuk memotong garis yang kita ingin potong, kemudian tekan space / enter.

3- Klik kiri garis yang ingin dipotong.

4- Tekan space / enter untuk mengakhiri menu TRIM. Penggunaan tombol space dan enter di dalam autocad memiliki fungsi yang salam. Namun kami sarankan untuk membiasakan menggunakan tombol space agar proses pengerjaan gambar dapat dilakukan dengan lebih cepat. Pasalnya tombol space memiliki posisi tombol yang dekat dengan jempol jemari dan memiliki penampang tombol paling luas.

Sangat mudah bukan? Cara tersebut merupakan cara termudah yang kami ketahui. Namun jika sobat CAD menemukan cara yang lebih simple lagi, silahkan isi komentar di bawah ini. Karena setiap designer terkadang memiliki cara yang berbeda – beda dalam mengerjakan gambar, namun hasil akhirnya tetap sama.

Terus ikuti posting kami di pandawadesign.com untuk mendapatkan pengetahuan tentang desain dan semoga sharing ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WhatsApp