Menggambar Poros

MENGGAMBAR POROS

Di era modern ini banyak sekali mesin yang diproduksi. Mesin merupakan bagian dari rangkaian beberapa elemen mesin. Kali ini saya ingin posting cara menggambar elemen mesin poros yang tentu banyak dijumpai pada mesin – mesin industri. Menggambar poros tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Hanya memerlukan beberapa menu di AutoCad. Menu – menu tersebut sudah pernah saya posting di halaman sebelumnya. Kalaupun ada yang belum kalian dapat mengikuti langkah – langkah yang saya susun di bawah ini.

Gambar poros sering juga digunakan pada bengkel bubut maupun pengecoran. Pasalnya mesin yang didominasi dengan gerak putar memerlukan poros untuk meneruskan daya putar pada mesin maupun motor. Ukuran poros juga bervariasi mengingat besar kecilnya daya yang akan di transfer. Baik mari kita coba praktek langsung. Kita ambil contoh ukuran poros sesuai gambar di bawah ini ya.

Tips menggambar poros di AutoCad :

1- Gambar persegi menggunakan menu line dengan ukuran 60 x 215. Bagi yang belum bisa silahkan liat posting sebelumnya cara membuat garis

2- Buat persegi lagi dengan ukuran 40 x 65 diposisikan sebelah kiri dan ukuran 40 x 70 diposisikan sebelah kanan. Pastikan kedua posisi tepat di tengah – tengah persegi yang kita buat pertama.

3- Buat persegi dengan ukuran 35 x 40 dan posisikan di sebelah kanan serta tambahkan garis tengah untuk menunjukkan bahwa benda kerja kita berbentuk silinder.

4- Gambarkan persegi ukuran 10 x 25 untuk ulirnya dan posisikan di kanan kiri gambar kerja. Setelah itu buat persegi untuk rumah spy dengan ukuran 4 x 40.

5. Beri beberapa warna pada garis dan tipe garis untuk membedakan garis benda kerja dan garis tersembunyi.

Mudah juga bukan? Selebihnya itu teman – teman bisa berinovasi terkait ketebalan garis dan teks dimensi yang akan di berikan. Baik lah sekian dulu tips menggambar poros dari saya. Semoga dapat bermanfaat dan membantu teman – teman yang senang belajar tentang AutoCad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WhatsApp