Membuat Fermentasi Pakan Ternak Sendiri

Membuat Fermentasi Pakan Ternak Sendiri

Pakan ternak sering kali dari bahan hijauan yaitu rumput, namun sekarang sudah mulai banyak pengetahuan tentang pakan ternak selain rumput. Apa saja? Membuat teknik modern dari limbah jerami, pohon pisang atau debog, bungkil kedelai dan masih banyak lagi yang bisa digunakan untuk pakan ternak. Teknik tersebut membuat fermentasi pakan ternak sendiri dari bahan-bahan yang telah tersedia di daerah anda.

Memang banyak sekali teknik yang sangat mudah untuk membuat pakan ternak, namun saat ini akan membahas tentang membuat fermentasi pakan ternak sendiri sangat mudah. Meskipun dalam faktor ini sangat sederhana namun mampu memberikan hasil yang luar biasa. Tidak hanya itu saja, dalam proses ini juga memiliki bukti bahwa mampu menaikkan berat badan ternak sekitar 2-4 Kg dalam kurun waktu 10 hari setelah diberi makanan fermentasi tersebut.

Bahan dan Alat Proses Membuat Fermentasi Pakan Ternak Sendiri

Anda wajib menyiapkan alat dan bahan diantaranya yaitu ember, drum plastik, terpal, pisau. Sedangkan untuk bahan baku bisa Jerami, debog pisang, pelepah sawit dan rumput. Lantas bagaimana Cara membuat pakan fermentasi tersebut?

Cara Membuat Fermentasi Pakan Ternak Sendiri

Setelah anda menyiapkan bahan baku dan alat maka langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu mencacah jerami atau pohon pisang menggunakan mesin chopper atau mesin pencacah. Kenapa menggunakan mesin pencacah? Karena hasil cacahan lebih teratur dan tidak membuang tenaga dan waktu yang cukup singkat.

Kedua anda bisa mencapurkan jerami atau pohon pisang dengan ampas tahun atau dedak padi.

Ketiga, setelah semua sudah tercampur rata maka bisa langsung masukkan SOC kedalam 1 liter air, kemudian campur gula pasir serta parutan nanas 1 buah saja. Kalau sudah aduk dan diamkan kurang lebih 15 menit.

Baca Juga : Mesin Chopper Rumput Super Halus

Cara Selanjutnya

Setelah itu bisa langsung masukkan air kurang lebih 10 liter sesuai dengan bahan baku yang tersedia disini untuk jerami kering, kalau debog pisang yang basah ini maka cukup 1 liter air saja. Siramkan kedalam pakan secara merata dan usahkan berlapis lapis supaya tercampur sempurna. Lalu taburkan garam dan aduk hingga tercampur rata.

Keempat, kalau sudah semua maka anda bisa memasukkan pakan kedalam drum yang sudah tersdia dan pastikan tutup rapat dengan terpal, terpenting kedap akan udara kurang lebih 24 jam bila menggunakan jerami kering. Kalau menggunakan bahan seperti debog pisang keadaan basah maka cukup 1-3 jam saja.

Kelima, kemudian kalau sudah bisa langsung anda siapkan di makan untuk kambing atau sapi pada setiap pagi dan sore saja.

Penasaran dengan pemesanan mesin chopper yang bisa untuk mencacah lebih halus dan rapi, anda bisa langsung masuk ke situs pandawadesign.com. Disana sudah tersedia nomer yang bisa dihubungi. Semoga bermenfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk pemesanan hubungi 0812-1773-9286
× Chat WhatsApp